TINGKATKAN PELAYANAN PERLU OPTIMALISASI PENGGUNAAN APLIKASI SEPASI DAN TTE

Hampir tiap hari ada permohonan surat keterangan atau surat pengantar yang dikeluarkan oleh kelurahan dan desa di Kecamatan Tuban. Namun proses yang panjang dan memakan waktu, membuat masyarakat harus menunggu seharian. Belum lagi kendala dari kesibukan pejabat penandatangan surat tersebut.

Hal tersebut diungkapkan Sekcam Kecamatan Tuban, Vera Ernawati, S.STP, dalam giat Optimalisasi Penggunaan Aplikasi SEPASI dan Tanda Tangan Elektronik (TTE) yang dipusatkan di Pendapa Kecamatan Tuban, Senin (11/09).



“Sebagian kelurahan yang ada di Kecamatan Tuban, belum mengaktifkan dan menggunakan aplikasi SEPASI,” tambahnya.

Diketahui, hingga hari ini baru 10 dari 18 kelurahan/desa yang sudah mengaktifkan serta menggunakan SEPASI dan TTE. Secara teknis, penggunaan TTE dalam pemberian layanan kepada masyarakat dapat mempersingkat waktu, mengingat aktivitas dari pejabat penandatangan surat yang tak selalu berada di ruangan.

"Dengan menggunakan TTE, diharapkan semua kelurahan dan desa di Kecamatan Tuban dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, terutama dalam hal permohonan surat keterangan dan surat pengantar, tanpa perlu menunggu kehadiran pejabat terkait," tambahnya.

Pada acara sosialisasi yang dihadiri oleh para operator dari masing-masing desa dan kelurahan di Kecamatan Tuban, tim Diskominfo SP Tuban yang bertindak sebagai pembicara juga ikut membantu dalam mengaktifkan SEPASI dan TTE di kelurahan dan desa yang sebelumnya belum menggunakan sistem ini. (yavid rahmat perwita/hei)
 

-