Pendampingan Pengelolaan Aplikasi Sp4N Lapor! Oleh Diskominfo Provinsi Jawa Timur



Kegiatan dihadiri oleh Kepala Bidang Informasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Timur, Drs. Ec. Rudy Prasetyo, MM, Kepala Seksi Layanan Informasi Publik Diskominfo Provinsi Jatim, Putut Darmawan, SE, dan Narasumber SP4N-Lapor! dari Diskominfo Provinsi Jatim, Ria Amalia, S. Sos, Selasa (28/07/2020).


SP4N-LAPOR! adalah Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) milik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN RB).


Aplikasi SP4N-Lapor! bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam menyampaikan aduan, aspirasi, maupun informasi secara online melalui saluran pengaduan dengan skala Nasional.


Dalam hal ini, Diskominfo Kabupaten Tuban turut berperan aktif terkait pengelolaan aplikasi SP4N-Lapor! dengan mengikuti pendampingan serta bimbingan teknis (Bimtek) yang diadakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur sebagai upaya dalam mensosialisasikan kepada OPD di seluruh Kab/Kota di Jatim.


Masyarakat Tuban sendiri saat ini sudah memiliki aplikasi pengaduan layanan publik di lingkungan Kabupaten Tuban, yaitu Taprose Temanku @taprosetemanku dengan berbasis Android yang dapat diunduh melalui Play Store. 


Ke depan Aplikasi Taprose Temanku akan segera diintegrasikan dengan Aplikasi SP4N-Lapor! sehingga aduan masyarakat yang merupakan kategori tindak lanjut dari pemerintah pusat/provinsi akan lebih mudah untuk disampaikan sesuai dengan kewenangannya.


#diskominfotuban #tubanlebihbaik #tubansmartcity #pengaduanmasyarakat #sp4nlapor!